Bipolar Disorder adalah masalah kesehatan mental yang terutama memengaruhi suasana hati anda. Jika anda mengidap gangguan bipolar, anda cenderung mengalami saat-saat di mana anda mengalami:

1. Mania atau Hypomanic Episodes (perasaan senang)
2. Depressive Episodes (perasaan depresi)
3. Berpotensi beberapa gejala psikotik selama Mania atau Depresi

Anda mungkin pernah mendengar pengalaman berbeda itu yang sering disebut sebagai keadaan suasana hati.

Setiap orang memiliki suasana hati yang berbeda-beda, tetapi pada gangguan bipolar, perubahan ini bisa sangat menyusahkan dan berdampak besar pada hidup anda. Anda mungkin merasa mood tinggi dan rendah anda ekstrem, dan perubahan suasana hati anda luar biasa.

“Ini adalah penguat emosional: ketika suasana hati saya tinggi, saya merasa jauh lebih cepat, lebih lucu, lebih pintar, dan lebih hidup daripada siapa pun; ketika suasana hati saya rendah, saya menanggung penderitaan seluruh dunia.”

Bipolar Disorder dan Stigma
Banyak orang telah mendengar tentang gangguan bipolar, tetapi ini tidak berarti mereka memahami diagnosisnya sepenuhnya. Anda mungkin menemukan bahwa beberapa orang memiliki kesalahpahaman tentang bipolar atau memiliki gambaran yang negatif atau tidak akurat tentang gangguan bipolar. Ini bisa sangat menjengkelkan, terutama jika seseorang yang merasa seperti ini adalah teman, kolega, anggota keluarga, atau profesional perawatan kesehatan.

Tetapi penting untuk diingat bahwa anda tidak sendirian, dan anda tidak harus menanggapi orang-orang yang memperlakukan anda dengan buruk.

Jenis-jenis Bipolar
Bergantung pada cara anda mengalami suasana hati dan gejala bipolar yang berbeda, dan seberapa parah pengaruhnya terhadap anda, dokter anda akan mendiagnosis anda dengan jenis gangguan bipolar tertentu. Ini adalah beberapa istilah yang mungkin digunakan dokter anda.

Bipolar I
1. Anda mungkin diberitahu bahwa anda menderita bipolar I jika anda pernah mengalami setidaknya satu episode mania yang telah berlangsung lebih dari seminggu.
2. Anda mungkin juga pernah mengalami episode depresi, meskipun tidak semua orang mengalaminya.

Bipolar II
1. Anda mungkin mendapatkan diagnosis bipolar II jika anda pernah mengalami setidaknya satu episode depresi berat dan gejala hipomania.

Cyclothymia
1. Anda mungkin mendapatkan diagnosis cyclothymia jika anda pernah mengalami keadaan suasana hati hipomanik dan depresi selama dua tahun atau lebih dan gejala anda tidak cukup parah untuk memenuhi kriteria diagnosis Bipolar I atau Bipolar II.
2. Ini bisa menjadi diagnosis yang sulit untuk diterima, karena anda mungkin merasa bahwa anda diberi tahu bahwa gejala anda ‘tidak cukup serius’, tetapi sebenarnya tidak demikian. Kesehatan mental adalah spektrum yang mencakup banyak pengalaman berbeda dan cyclothymia dapat berdampak serius pada hidup anda.

Menggunakan istilah-istilah itu dapat membantu anda dan ahli kesehatan mendiskusikan diagnosis dan pengobatan Bipolar secara lebih spesifik. Jika dokter pernah menggunakan kata atau frasa yang tidak anda mengerti, anda dapat memintanya untuk menjelaskan.

“Apa yang paling membantu saya adalah kesadaran dan penerimaan berkelanjutan bahwa cara gangguan bipolar saya memanifestasikan dirinya, dan gejala yang saya tunjukkan bukanlah ciri-ciri kepribadian atau ‘perilaku buruk’.”

Ini juga umum untuk memiliki periode stabil atau netral di antara episode. Ini tidak berarti bahwa anda tidak memiliki emosi selama waktu ini – hanya saja anda tidak sedang mengalami mania, hipomania atau depresi, atau anda sedang mengelola gejala anda secara efektif. Anda mungkin merasa stabil selama bertahun-tahun di antara episode, meskipun untuk beberapa orang periode stabilitas bisa jauh lebih singkat.

“Jauh lebih sulit untuk berdamai dengan stabil […] daripada yang dapat saya bayangkan. Saya harus berjuang dengan identitas dan cara hidup ‘baru’ setelah menghabiskan bertahun-tahun memikirkan naik turunnya bipolar adalah ‘normal’.”